5 Jenis Makanan Yang Justru Membuat Anda Lapar


Makan seharusnya dapat membuat Anda merasa kenyang. Namun ternyata, ada beberapa jenis makanan yang jika dikonsumsi justru dapat membuat Anda merasa lapar 'dan ingin makan lagi. Makanan tersebut tentu tidak cocok untuk dikonsumsi orang yang sedang diet, karena malah dapat membuat Anda makan lebih banyak sehingga dapat membuat berat badan Anda bertambah.

Tahukah Anda mengapa rasa lapar setelah makan dapat muncul?

Berikut adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan Anda merasa 'lapar' setelah makan :

  • Efek insulin. Makanan yang mengandung gula akan dicerna tubuh dengan cepat sehingga menyebabkan kadar gula dalam darah meningkat. Setelah itu, kadar gula dalam darah turun dengan cepat, sehingga dapat menstimulasi produksi hormon ghrelin atau hormon kelaparan. Akibat meningkatnya produksi hormon ghrelin, Anda akan merasa lesu dan lapar, sehingga membuat Anda ingin makan lebih banyak.
  • Menurut studi yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, makanan yang mengandung karbohidrat olahan dapat mempengaruhi otak Anda. Studi tersebut menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi akan lebih cepat lapar dibandingkan mereka yang mengkonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah.


Lalu, apa saja makanan yang jika dikonsumsi justru membuat Anda lapar?

1. Roti tawar putih
Roti tawar putih adalah salah satu makanan favorit saat sarapan. Namun jangan heran jika setelah mengkonsumsinya Anda justru merasa lapar 'dan ingin makan lagi. Hal tersebut terjadi karena roti tawar putih tidak mengandung serat atau nutrisi yang dapat membuat Anda kenyang.

Roti tawar putih mengandung karbohidrat olahan yang cepat dicerna menjadi gula oleh tubuh, sehingga menyebabkan tubuh melepaskan insulin dan membuat Anda cepat merasa lapar. Oleh karena itu, Anda lebih disarankan untuk mengkonsumsi roti gandum yang mengandung serat saat sarapan -untuk membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

2. Sereal
Sama halnya dengan roti tawar putih, konsumsi sereal saat sarapan juga dapat membuat Anda merasa cepat lapar. Hal tersebut terjadi karena sereal mengandung banyak gula yang akan cepat dicerna oleh tubuh 'sehingga membuat Anda cepat lapar.

3. Jus buah
Jus buah sering kali disajikan dengan tambahan gula, air, dan disaring. Hal tersebut justru dapat mengurangi kandungan serat dalam buah yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Konsumsi satu gelas jus buah ternyata dapat meningkatkan kadar gula dalam darah, kemudian menurunkannya secara cepat, sehingga menimbulkan perasaan lapar.

Oleh karena itu, Anda lebih dianjurkan untuk membuat smoothies (tidak disaring),'tidak menggunakan gula, dan menambahkan bubuk protein untuk menyeimbangkan gula darah dan meningkatkan rasa kenyang.

4. Camilan asin
Pernahkan Anda menginginkan makanan manis setelah makan camilan asin'seperti keripik'atau kentang goreng? Jika iya, hal tersebut ternyata adalah hal wajar karena pengecap rasa dan otak mengaitkan energi dengan makanan yang manis, bahkan setelah Anda cukup banyak makan cemilan asin. Adanya fenomena sensor rasa kenyang juga akan membuat tubuh beranggapan bahwa hanya 'lambung asin' yang sudah terisi penuh, namun 'lambung manis' belum terisi saat Anda makan cemilan asin.

5. Makanan cepat saji
Kandungan lemak trans yang terkandung dalam makanan cepat saji dapat menyebabkan radang usus dan merusak kemampuan tubuh untu memproduksi neurotransmitter yang berperan dalam mengendalikan nafsu makan. Selain itu, banyaknya kandungan garam dalam makanan cepat saji juga dapat menyebabkan dehidrasi, sehingga membuat Anda ingin makan dan minum berulang-ulang.

Untuk mencegah nafsu makan berlebih, maka Anda dianjurkan untuk memilih makanan yang sehat, terutama yang mengandung lemak tak jenuh,'protein, dan karbohidrat kompleks. Makanan ini'dicerna lebih lambat di dalam tubuh sehingga membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Komentar